google-site-verification: googlea728790a3724dc90.html google-site-verification=MmLEKUw83EpBqhJr2QTlTcXtZ-795puEMk75xMStWfo CONTOH RPP OTOT Skip to main content

CONTOH RPP OTOT

berikut ini adalah contoh RPP pada materi Otot yang diharapkan dapat menjadi referensi pembuatan RPP untuk teman-teman sekalian. silahkan dilihat dan diperbaiki lagi.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.      Identitas
Nama Sekolah             : ……….
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : VIII / 1
Hari / Tanggal             : …….
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
KKM                           : 75
Topik                           : Sistem gerak pada manusia
Sub Topik                    :  Struktur dan Fungsi Otot

B.  Kompetensi Dasar          :
3.4 Mendeskripsikan Mengagumi struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari

C.  Indikator                         :
     3.4.5 Mendeskripsikan struktur otot manusia.
     3.4.6 Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia.

D.  Tujuan Pembelajaran    :
1.      Melalui pengamatan gambar dan diskusi, Peserta  didik dapat mendiskripsikan  struktur otot  manusia dengan tepat
2.      Melalui diskusi, Peserta didik dapat menjelaskan fungsi otot   pada manusia

E. Materi Pembelajaran      : Struktur Dan Fungsi Otot Manusia
a. Fungsi Otot
Tanpa otot, tulang, dan sendi tubuhmu tidak memiliki kekuatan untuk bergerak.  Otot adalah penggerak bagian-bagian tubuh, sehingga otot disebut alat gerak aktif. Hampir 35 hingga 40 persen massa tubuh adalah jaringan otot, Otot adalah jaringan yang dapat berkontraksi (mengkerut) dan relaksasi (mengendur). Pada saat berkontraksi otot menjadi lebih pendek, dan pada saat berelaksasi otot menjadi lebih panjang. menjadi lebih pendek. Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuhmu bergerak. Pada kontraksi ini diperlukan energi.

Otot yang bekerja di bawah kesadaran adalah otot yang kerjanya dikendalikan secara sadar. artinya kamu dapat mengendalikan apakah harus atau tidak menggerakkan otot-otot tersebut. Contohnya, kerja otot-otot pada saat kamu makan, menulis, berlari serta aktivitas-aktivitas lainnya yang dilakukan secara sadar.
Otot yang bekerja di luar kesadaranadalah otot yang tidak dapat kamu kendalikan secara sadar. Prinsip kerja otot ini tidak dapat dikendalikan, artinya kamu tidak dapat mengendalikan apakah menggerakkan atau tidak menggerakkan otot-otot tersebut. Otot-otot tersebut bekerja sepanjang hari, sepanjang hidup di luar kesadaran, Contoh dari aktivitas otot ini antara lain aktivitas jantung untuk selalu memompa darah ke seluruh tubuh, aktivitas otot-otot lambung untuk mencerna makanan secara mekanik
Ada tiga jenis jaringan otot di dalam tubuhmu, yaitu otot rangka, otot polos, dan otot jantung
1) Otot Rangka
Otot Rangka adalah otot yang paling banyak di dalam tubuh. Jika diamati di bawah mikroskop, sel-sel otot rangka terlihat bergaris-garis melintang, sehingga otot ini juga disebut dengan otot lurik. Otot rangka melekat pada tulang dengan perantaraan tendon. Tendonadalah pita tebal, berserabut, dan liat yang melekatkan otot pada tulang. Otot rangka tergolong otot sadar. Kamu bisa mengontrol penggunaan otot ini. Kamu bisa menentukan kapan berjalan dan kapan tidak. Otot rangka cenderung cepat berkontraksi dan cepat lelah.
2) Otot Polos
Otot polosterdapat pada dinding organ dalam seperti lambung usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah. Otot polos berkontraksi dan berelaksasi dengan lambat. Otot ini berbentuk gelendong dan memiliki sebuah inti pada tiap selnya.


3) Otot Jantung
Otot jantung hanya ditemukan di jantung. Otot jantung juga tergolong otot tidak adar. Otot jantung mempunyai garis-garis seperti otot rangka namun, otot jantung mirip otot polos karena tergolong otot tidak sadar.  Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidupmu. Kamu mengetahui bahwa otot jantung berkontraksi pada saat jantung berdenyut. Otot ini tidak dapat dikontrol oleh kemauan sadarmu.

F. Pendekatan dan Metode  Pembelajaran:
-          Pendekatan               : Saintifik
-          Metode                     :  diskusi
-          Model                                   :  Discovery Learning
                                       
G.   Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.      Mengucap salam dan mengkondisikan peserta didik untuk belajar (do’a, menanyakan siapa yang tidak hadir).
2.      Apersepsi dan Motivasi;  peserta didik diminta untuk melakukan pengamatan  gambar tentang otot pada manusia.
3.      Siswa diarahkan untuk menjawab
4.      Menyampaikan judul materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1.      Guru memperlihatkan gambar otot
2.      Peserta didik mengamati  gambar otot  manusia dan mendiskusikannya dengan teman kelompok
3.      Peserta didik mencermati penjelasan guru tentang macam-macam struktur dan fungsi otot.
Menanya
4.      Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang macam-macam struktur dan fungsi otot
Mengumpulkan data
5.      Peserta didik secara berkelompok, mengerjakan LKS tentang struktur dan fungsi otot.
6.      Peserta didik menuliskan hasil diskusinya tentang struktur dan fungsi otot
7.      Guru membimbing dan menilai peserta didik dalam kerja kelompok
Mengasosiasi
8.      Peserta didik menggali informasi untuk menjelaskan dan menarik kesimpulan tentang struktur dan fungsi otot
9.      Masing-masing kelompok berdiskusi tentang struktur dan fungsi otot
 Mengkomunikasikan
10.  Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi tentang struktur dan fungsi otot
11.  Guru membimbing / menilai peserta didik dalam diskusi.

Penutup
1.      Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan materi tentang struktur dan fungsi otot
2.      Mengerjakan soal evaluasi (post test).
3.      Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam

G.   Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
1.         Sumber Belajar:
·      Buku Paket IPA Siswa SMP Kelas VIII, Karangan siti Zubaidah Dkk. Puskurbuk 2013
·      Buku Paket IPA Guru SMP Kelas VIII, Karangan siti Zubaidah Dkk .Puskurbuk 2013

2.      Media/Alat dan Bahan Pembelajaran:
·         Media : model otot ,laptop, dan LCD Proyektor
·         Alat dan Bahan
 - Papan tulis, spidol, dan alat tulis

H. Penilaian
Penilaian Pengetahuan (soal Post test)

1.      Sebutkan macam-macam otot berdasarkan bentuk dan cara kerjanya ! jelaskan perbedaan antara ke tiganya ! (skor 60)
2.      Apa yang dimaksud dengan tendon? (skor 20)
3.      Jelaskan perbedaan antara otot yang berelaksasi dan otot yang berkontraksi ! (skor 20)
Kunci jawaban :
1.      Otot lurik (terdiri dari daerah gelap dan terang, melekat pada rangka tubuh), otot polos (berbentuk gelendong, letak nya di dalam dinding organ dalam seperti rahim), dan otot jantung( bentuk nya bercabang dan terletak dijantung)
2.      Bagian ujung otot yang melekat pada tulang
3.       Pada saat berkontraksi otot menjadi lebih pendek, dan pada saat berelaksasi otot menjadi lebih panjang. menjadi lebih pendek. Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuhmu bergerak. Pada kontraksi ini diperlukan energi.
Pedoman penskoran :
Nilai =

                      

LEMBAR KERJA SISWA
Topik                      : Sistem Gerak Pada Manusia
Sub Topik             : struktur dan fungsi otot pada manusia
Nama Siswa           : 1. ……………………………               3. ………………………………..
                              
                                 2. ……………………………               4. ………………………………..
                              
Kelas                       : …………………………….                
Tujuan           :  Melalui pengamatan Peserta didik dapat membedakan antara otot rangka,otot  jantung dan    otot polos

a.    2
1.        Baca dasar teori yang disediakan dan Buku Siswa yang kamu miliki ( hal 48-51)
2.    Lakukan pengamatan pada gambar yang telah disediakan. Hal yang perlu kamu amati adalah bentuk sel dari masing-masing jenis otot. Lakukan kegiatan pengamatan ini dengan cermat dan teliti, agar kamu dapat mengidentifikasi perbedaan dari ketiga jenis otot ini.
3.    Hasil diskusi tuliskan ke dalam tabel yang sudah disediakan







b.      Tabel hasil diskusi
a.    Lengkapi Tabel perbedaan otot pada tubuh  Manusia
Hal yang dibedakan
Otot polos
Otot tangka
Otot jantung
Bentuk



Cara kerja



Inti



Letak




C.      Kesimpulan
Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan yang kalian lakukan
Jawab:                
...........................................................................................................
..........................................................................................................
...........................................................................................................
..........................................................................................................
...........................................................................................................




Comments

Popular posts from this blog

CONTOH RPP SENDI

berikut ini adalah contoh RPP pada materi sendi yang diharapkan dapat menjadi referensi pembuatan RPP untuk teman-teman sekalian .  silahkan dilihat dan diperbaiki lagi. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah             : SMP Mata Pelajaran            : IPA Kelas / Semester          : VIII / 1 Hari / Tanggal             : Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit KKM                           : 75 Topik                           ...

Lirik Lagu Sholawat Ya Asyiqol Musthofa - Nissa Sabyan Gambus

Nissa Sabyan Gambus Ya Asyiqol Musthofa Absyir Binailil Muna Ya Asyiqol Musthofa Absyir Binailil Muna Qoq Roqoka susshofa as Shofa as shofaa Watoba Wafdul Hana Qod Roqoka susshofa Watoba Wafdul Hana Nuurul Jamaali Badaa Min Wajhi Syamsil Hudaa Nuurul Jamaali Badaa Min Wajhi Syamsil Hudaa min Wajhi Syamsil Huda Nuurul Jamaali Badaa Min Wajhi Syamsil Hudaa man fadluhu 'ammanaa 'ammanaa man fadluhu 'ammanaa 'ammanaa Watoba Wafdul Hana Qod Roqoka susshofa Watoba Wafdul Hana Ya Asyiqol Musthofa Absyir Binailil Muna Ya Asyiqol Musthofa Absyir Binailil Muna Qoq Roqoka susshofa as Shofa as shofaa Watoba Wafdul Hana Qod Roqoka susshofa Watoba Wafdul Hana Thoohalladzii billiqoo qod faazalammartaqoo Thoohalladzii billiqoo qod faazalammartaqoo qod faazalammartaqoo Thoohalladzii billiqoo qod faazalammartaqoo waafi dzurool irtiqoo min robbihi qod danaa qod danaa qod danaa Watoba Wafdul Hana Qod Roqoka susshofa Watoba Wafdul Hana Ya Asyiqol Must...

Ngerjain Orang Yang Lagi Nikah Dengan Memberikan Obat Kuat

>google-site-verification: googlea728790a3724dc90.html