berikut ini adalah contoh RPP pada materi Otot yang diharapkan dapat menjadi referensi pembuatan RPP untuk teman-teman sekalian. silahkan dilihat dan diperbaiki lagi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Identitas
Nama Sekolah : ……….
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VIII / 1
Hari / Tanggal : …….
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
KKM : 75
Topik :
Sistem gerak pada manusia
Sub Topik : Struktur dan Fungsi
Otot
B. Kompetensi Dasar :
3.4 Mendeskripsikan
Mengagumi struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai
kondisi
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka
manusia.
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya
menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari
C.
Indikator :
3.4.5 Mendeskripsikan
struktur otot manusia.
3.4.6 Mendeskripsikan
fungsi otot bagi manusia.
D. Tujuan Pembelajaran :
1.
Melalui pengamatan gambar dan diskusi, Peserta didik dapat mendiskripsikan struktur otot
manusia dengan tepat
2.
Melalui diskusi, Peserta didik dapat menjelaskan fungsi otot pada manusia
E.
Materi Pembelajaran : Struktur Dan Fungsi
Otot Manusia
a. Fungsi Otot
Tanpa
otot, tulang, dan sendi tubuhmu tidak memiliki kekuatan untuk bergerak. Otot adalah penggerak bagian-bagian tubuh,
sehingga otot disebut alat gerak aktif. Hampir 35 hingga 40 persen massa tubuh
adalah jaringan otot, Otot adalah jaringan yang dapat berkontraksi (mengkerut)
dan relaksasi (mengendur). Pada saat berkontraksi otot menjadi lebih pendek,
dan pada saat berelaksasi otot menjadi lebih panjang. menjadi lebih pendek.
Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuhmu bergerak. Pada
kontraksi ini diperlukan energi.
Otot yang
bekerja di bawah kesadaran adalah otot yang kerjanya dikendalikan secara sadar.
artinya kamu dapat mengendalikan apakah harus atau tidak menggerakkan otot-otot
tersebut. Contohnya, kerja otot-otot pada saat kamu makan, menulis, berlari
serta aktivitas-aktivitas lainnya yang dilakukan secara sadar.
Otot yang
bekerja di luar kesadaranadalah otot yang tidak dapat kamu kendalikan secara
sadar. Prinsip kerja otot ini tidak dapat dikendalikan, artinya kamu tidak
dapat mengendalikan apakah menggerakkan atau tidak menggerakkan otot-otot
tersebut. Otot-otot tersebut bekerja sepanjang hari, sepanjang hidup di luar
kesadaran, Contoh dari aktivitas otot ini antara lain aktivitas jantung untuk
selalu memompa darah ke seluruh tubuh, aktivitas otot-otot lambung untuk
mencerna makanan secara mekanik
Ada tiga jenis
jaringan otot di dalam tubuhmu, yaitu otot rangka, otot polos, dan otot jantung
1) Otot Rangka
Otot Rangka adalah otot yang paling
banyak di dalam tubuh. Jika diamati di bawah mikroskop, sel-sel otot rangka
terlihat bergaris-garis melintang, sehingga otot ini juga disebut dengan otot
lurik. Otot rangka melekat pada tulang dengan perantaraan tendon. Tendonadalah
pita tebal, berserabut, dan liat yang melekatkan otot pada tulang. Otot rangka
tergolong otot sadar. Kamu bisa mengontrol penggunaan otot ini. Kamu bisa
menentukan kapan berjalan dan kapan tidak. Otot rangka cenderung cepat
berkontraksi dan cepat lelah.
2) Otot Polos
Otot polosterdapat pada dinding
organ dalam seperti lambung usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh
darah. Otot polos berkontraksi dan berelaksasi dengan lambat. Otot ini
berbentuk gelendong dan memiliki sebuah inti pada tiap selnya.
3) Otot Jantung
Otot jantung hanya ditemukan di
jantung. Otot jantung juga tergolong otot tidak adar. Otot jantung mempunyai
garis-garis seperti otot rangka namun, otot jantung mirip otot polos karena
tergolong otot tidak sadar. Otot jantung
berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidupmu. Kamu
mengetahui bahwa otot jantung berkontraksi pada saat jantung berdenyut. Otot
ini tidak dapat dikontrol oleh kemauan sadarmu.
F.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran:
-
Pendekatan : Saintifik
-
Metode : diskusi
-
Model : Discovery Learning
G. Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1. Mengucap salam dan mengkondisikan
peserta didik untuk belajar (do’a, menanyakan siapa yang tidak hadir).
2. Apersepsi dan Motivasi; peserta didik diminta untuk melakukan pengamatan gambar tentang otot pada manusia.
3. Siswa diarahkan untuk menjawab
4. Menyampaikan judul materi
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
1.
Guru memperlihatkan gambar otot
2.
Peserta didik mengamati gambar otot manusia dan
mendiskusikannya dengan teman kelompok
3.
Peserta didik mencermati penjelasan guru tentang macam-macam struktur dan fungsi otot.
Menanya
4.
Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang macam-macam struktur dan
fungsi otot
Mengumpulkan data
5.
Peserta didik secara berkelompok, mengerjakan LKS tentang struktur
dan fungsi otot.
6.
Peserta didik menuliskan hasil diskusinya tentang struktur dan fungsi otot
7. Guru membimbing dan menilai peserta didik dalam kerja kelompok
Mengasosiasi
8.
Peserta didik menggali informasi untuk menjelaskan dan menarik
kesimpulan tentang struktur
dan fungsi otot
9.
Masing-masing kelompok berdiskusi tentang struktur dan fungsi otot
Mengkomunikasikan
10.
Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi tentang struktur
dan fungsi otot
11. Guru membimbing / menilai
peserta didik dalam diskusi.
Penutup
1.
Peserta didik diarahkan untuk menyimpulkan materi tentang struktur dan fungsi otot
2.
Mengerjakan soal evaluasi (post
test).
3.
Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam
G. Sumber
Belajar dan Media Pembelajaran
1.
Sumber
Belajar:
· Buku Paket IPA Siswa SMP
Kelas VIII, Karangan siti Zubaidah Dkk. Puskurbuk 2013
· Buku Paket IPA Guru SMP
Kelas VIII, Karangan siti Zubaidah Dkk .Puskurbuk 2013
2. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran:
·
Media : model otot ,laptop, dan LCD
Proyektor
·
Alat
dan Bahan
- Papan tulis, spidol, dan alat tulis
H. Penilaian
Penilaian
Pengetahuan (soal Post test)
1. Sebutkan macam-macam otot berdasarkan bentuk dan cara
kerjanya ! jelaskan perbedaan antara ke tiganya ! (skor 60)
2. Apa yang dimaksud dengan tendon? (skor 20)
3. Jelaskan perbedaan antara otot yang
berelaksasi dan otot yang berkontraksi ! (skor 20)
Kunci
jawaban :
1. Otot lurik (terdiri dari daerah
gelap dan terang, melekat pada rangka tubuh),
otot polos (berbentuk gelendong, letak nya di dalam
dinding organ dalam seperti rahim),
dan otot jantung( bentuk nya bercabang dan terletak
dijantung)
2. Bagian ujung otot yang melekat pada tulang
3. Pada saat berkontraksi otot menjadi
lebih pendek, dan pada saat berelaksasi otot menjadi lebih panjang. menjadi
lebih pendek. Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuhmu
bergerak. Pada kontraksi ini diperlukan energi.
Pedoman penskoran :
Nilai
=
LEMBAR KERJA SISWA
Topik : Sistem
Gerak Pada Manusia
Sub Topik : struktur dan fungsi otot pada manusia
Nama Siswa : 1. …………………………… 3. ………………………………..
2. …………………………… 4. ………………………………..
Kelas : …………………………….
Tujuan : Melalui
pengamatan Peserta didik dapat membedakan antara otot rangka,otot jantung dan
otot polos
a. 2
1.
Baca dasar teori yang disediakan dan Buku
Siswa yang kamu miliki ( hal 48-51)
2. Lakukan
pengamatan pada gambar yang telah disediakan. Hal yang perlu kamu amati adalah
bentuk sel dari masing-masing jenis otot. Lakukan kegiatan pengamatan ini
dengan cermat dan teliti, agar kamu dapat mengidentifikasi perbedaan dari
ketiga jenis otot ini.
3. Hasil
diskusi tuliskan ke dalam tabel yang sudah disediakan
b.
Tabel hasil diskusi
a.
Lengkapi Tabel perbedaan otot pada tubuh Manusia
Hal yang dibedakan
|
Otot polos
|
Otot tangka
|
Otot jantung
|
Bentuk
|
|||
Cara kerja
|
|||
Inti
|
|||
Letak
|
C. Kesimpulan
Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan yang
kalian lakukan
Jawab:
...........................................................................................................
..........................................................................................................
...........................................................................................................
..........................................................................................................
...........................................................................................................
Comments
Post a Comment